Beli Apartemen Dengan Modal Pas-Pasan? Ini Dia Tips Dan Triknya

Tips membeli apartemen dengan modal pas-pasan

Sebagian besar orang menganggap bahwa apartemen hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang berpenghasilan besar. Hal ini tak heran karena modal yang harus dimiliki untuk membeli apartemen sendiri memang bisa dibilang cukup tinggi. Selain itu, harga properti yang selalu naik juga menjadi kendala. Karena itulah, banyak orang yang masih enggan untuk membeli sebuah apartemen.

Tapi, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Anda yang memiliki penghasilan menengah masih mempunyai kesempatan untuk membeli hunian vertikal ini. Bagaimana caranya? Nah, di bawah ada tips dan trik membeli apartemen dengan modal pas-pasan. Simak sampai akhir ya!

Modal Awal Dengan Bonus Atau THR

Bonus atau THR yang di dapat dari tempat kerja dapat dijadikan modal awal untuk memiliki apartemen lho. Karena biasanya developer akan menawarkan promo-promo menarik dengan menawarkan uang muka yang lebih ringan sehingga ini adalah momen yang tepat untuk membeli apartemen.

Membeli Proyek Baru

Properti yang baru dibangun biasanya memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan properti siap huni. Nah, masa-masa inilah yang harus Anda manfaatkan untuk mendapatkan apartemen dengan harga yang terjangkau. Pada masa tersebut, developer biasanya menawarkan promo menarik seperti uang muka ringan sekitar 5% - 25% saja.

Tentukan Harga Apartemen

Pemerintah membuat kebijakan baru dengan menurunkan DP properti menjadi 15%. Hal ini tentu menjadi berita baik bagi Anda untuk bisa mendapatkan apartemen dengan uang muka ringan. Dengan gaji UMR (sekitar Rp 3 juta - Rp 5 juta), Anda bisa membeli apartemen dengan rentang harga Rp 150 jutaan hingga Rp 300 jutaan dengan uang muka sebesar Rp 20 juta – Rp 30 jutaan. Dalam masa tenor 20 tahun, cicilan yang harus Anda bayarkan hanya sebesar Rp 1 jutaan.

Menabung

Manabung merupakan hal paling penting untuk bisa membeli apartemen. Usahakan untuk selalu menyisihkan sepertiga dari total gaji untuk ditabung sebelum digunakan untuk keperluan lainnya. 
Karena tujuan Anda adalah membeli apartemen, maka usahakan untuk tidak mengambil dana, kecuali untuk keadaan darurat. Namun, tetap prioritaskan kebutuhan pribadi ya. Jangan sampai Anda bisa menabung untuk membeli apartemen tapi kebutuhan primer tidak terpenuhi.

Manfaatkan Fasilitas KPA

Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) merupakan salah satu solusi bagi Anda untuk bisa memiliki apartemen dengan modal pas-pasan. Selain memudahkan dalam memiliki hunian vertikal, fasilitas KPA juga memberikan beberapa keuntungan, seperti lebih aman dibanding membayar tunai, dapat dicicil untuk jangka waktu yang lama, serta keuntungan-keuntungan lainnya.

Sewakan Properti

Nah, tips terakhir adalah sewakan properti. Menyewakan apartemen dapat membantu Anda menambah pendapatan bulanan sehingga pembayaran cicilan KPA pun dapat terbantu. Tapi, sebaiknya periksa dahulu perjanjian dengan pihak bank pemberi pinjaman. Sebab, ada beberapa bank yang melarang properti disewakan sebelum jangka waktu lima tahun.


Mempunyai apartemen bukan berarti Anda harus berpendapatan selangit. Dengan gaji pas-pasan, Anda pun sebenarnya bisa memiliki sebuah hunian vertikal tersebut. Nah, semoga tips dan trik di atas dapat membantu Anda memiliki hunian idaman ya. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer