13 Tipe Apartemen yang Jarang Ditemukan Di Indonesia

Ketika Anda membeli sebuah apartemen, tentu developer akan bertanya tipe apartemen apa yang sedang Anda cari. Tipe apartemen Studio, 1 Bedroom, 2 Bedroom mungkin sudah sering kita dengar. Tapi pernahkah Anda mendengar tipe apartemen lain yang terasa asing di telinga?

Ya, ternyata masih banyak tipe-tipe apartemen lain yang populer di dunia. Tipe-tipe apartemen ini biasanya jarang ditawarkan di Indonesia. Kira-kira apa saja tipe apartemen tersebut?

Berikut berbagai tipe apartemen yang harus Anda ketahui.

1. Apartemen Studio

Apartemen tipe studio adalah salah satu tipe apartemen paling banyak dicari oleh para pria maupun wanita lajang serta keluarga baru. Umumnya, tipe apartemen studio memiliki luas tak lebih dari 20 hingga 30 meter persegi.

Apartemen tipe studio hanya memiliki satu ruang yang multifungsi. Di mana sudah mencakup ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Meski memiliki ukuran paling kecil dari jenis apartemen lainnya, apartemen seperti ini banyak dicari karena dijual dalam rentang harga yang murah.

2. Apartemen Alcove Studio

Apartemen Alcove memiliki luas yang hampir sama dengan apartemen studio namun berbentuk menyerupai huruf L. Bagian terkecil dari apartemen atau sering disebut dengan half room, biasanya digunakan sebagai tempat tidur demi mendapatkan kesan lebih privat.

3. Apartemen Convertible Studio

Apartemen convertible studio merupakan pengembangan dari apartemen tipe studio dengan ukuran sedikit lebih besar. Karenanya, pengembang bisa membuat ruang berdinding sebagai kamar tidur.

4. Apartemen Convertible

Apartemen convertible biasanya memiliki ruang cukup besar di mana ruang tidur, ruang makan atau ruang tengah dipisahkan dengan sekat berupa dinding. Dinding tersebut berfungsi juga sebagai tempat menyimpan barang.

Anda bisa meletakkan TV ke dalam dinding tersebut sehingga bisa dibolak-balik untuk menghadap ke dua arah. Atau bisa juga mengubah fungsi ruang tengah menjadi dapur dengan menggunakan meja kopi sebagai meja makan.

5. Junior 1 Bedroom

Di samping tipe studio, apartemen junior 1 bedroom merupakan tipe apartemen paling sering ditawarkan oleh para developer Indonesia. Apartemen ini sedikit lebih luas daripada studio di mana ruang tidur dan dapur dipisahkan dengan sekat dinding.

6. Apartemen Junior 4 Bedroom

Pengertian junior 4 bedroom di sini adalah memiliki 4 ruangan terpisah bukan berarti memiliki 4 kamar tidur. Lazimnya, jenis apartemen satu ini memiliki ruang tamu, dapur, tempat tidur dan satu ruang berukuran kecil yang bisa difungsikan sebagai ruang kerja.

7. Apartemen 2 Bedroom

Apartemen 2 bedroom memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada junior 4 dengan luas sekitar 35 hingga 45 meter persegi. Apartemen ini memiliki 2 kamar berukuran sama besar (atau berbeda sedikit) serta dapur dan ruang tengah yang terpisah.

8. Apartemen Two Bedroom Corner

Apartemen ini menyerupai apartemen two bedroom, hanya saja lokasinya berada di sudut bangunan. Sehingga memiliki ukuran yang sedikit lebih luas berkat space tambahan (hook) yang bisa ditemui di sisi kamar tidur atau kamar mandi.

9. Apartemen 3 Bedroom

Selain apartemen studio, apartemen tipe 3 bedroom merupakan apartemen paling laris di Indonesia. Apartemen ini sangat cocok bagi keluarga dengan 1 – 2 anak karena memiliki 3 ruang tidur dengan luas minimal sekitar 85 meter persegi.

10. Apartemen Loft

Apartemen tipe loft biasanya memiliki plafon yang tinggi dengan tambahan area setengah lantai berupa mezzanine. Area mezzanine yang menyerupai loteng inilah yang sering dipakai sebagai area tidur. Berkat penggunaan langit-langit yang tinggi serta jendela berukuran besar, membuat apartemen tipe loft terkesan lebih luas serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

11. Apartemen Duplex dan Triplex

Merupakan tipe apartemen bertingkat dengan 2 hingga 3 tingkat berurutan, di mana lantai kedua dan ketiga hanya dipakai sebagai kamar tidur saja. Apartemen duplex dan triplex memiliki bentuk yang unik karena sekilas tampak seperti rumah tinggal.

12. Apartemen Classic Six

Apartemen Classix Six banyak ditemukan di kota-kota besar negara Eropa dan Amerika seperti di London dan New York. Classix Six merupakan hasil renovasi dari gedung-gedung berusia tua yang masih kokoh dan memiliki ruangan cukup luas. Sehingga biasanya memiliki ruang makan yang luas, 3 kamar tidur, ruang tamu dan dapur terpisah.

13. Apartemen Garden

Apartemen garden bisa berupa apartemen yang memiliki taman atau menghadap langsung ke taman. Bisa juga terletak di bawah tanah (basement) di mana letak jendelanya lebih rendah daripada halamannya.

Itulah jenis tipe apartemen yang cukup populer di dunia. Dari semua jenis apartemen tersebut sebaiknya pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dana yang Anda miliki.

Komentar

Postingan Populer