Tinggal Di Apartemen Studio? Ini Lho Kelebihan Dan Kekurangannya

Berencana Tinggal Di Apartemen Studio? Yuk, Kenali Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya

Banyak orang kini lebih memilih untuk tinggal di apartemen. Sebagian beralasan memilih hunian vertikal ini karena harganya yang lebih murah dibanding rumah tapak. Sebagian lagi beralasan bahwa tinggal di apartemen dianggap lebih mudah, simpel dan praktis. Ya, apapun alasannya, pembangunan apartemen di Bekasi, Tangerang, Bogor dan daerah penyangga lainnya memang sedang pesat dikarenakan permintaan yang juga semakin melonjak.

Nah, dalam memilih apartemen, salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan adalah tipe unit yang akan ditinggali. Di Indonesia, beberapa tipe apartemen yang sering ditawarkan developer adalah studio, 1 Bedroom dan 2 Bedroom. Dan yang paling laris adalah tipe studio.

Kelebihan Apartemen Studio

Hemat di Kantong

Apartemen studio merupakan tipe apartemen yang harganya paling murah dibanding tipe lainnya. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang termasuk pekerja single, mahasiswa dan pasangan baru lebih memilih untuk tinggal di apartemen studio. Selain harganya yang relatif murah dan terjangkau, biaya maintenance yang harus dikeluarkan pun tak tak terlalu mahal karena biaya ini biasanya dihitung tergantung luasan ruangan.

Aktivitas Jadi Serba Cepat

Karena apartemen studio hanya terdiri dari satu ruangan multifungsi, segala aktivitas yang Anda lakukan bisa menjadi lebih cepat. Misalnya saat sedang beristirahat, tiba-tiba Anda merasa lapar. Dapur yang bersebelahan dengan kamar tidur tentu memudahkan Anda untuk mengambil makanan. Kegiatan pun bisa dijalankan dengan lebih cepat.

Mudah Dibersihkan

Ukuran apartemen studio yang tak lebih dari 30 meter persegi membuat Anda tak perlu menghabiskan waktu lama untuk bersih-bersih ruangan. Mungkin hanya butuh waktu 20 menit untuk membersihkan debu, menyapu dan mengepel ruangan. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan waktu lebih lama untuk melakukan hal lain, seperti mengerjakan tugas atau pergi bersama teman.

Tantangan Untuk Lebih Kreatif

Ruang apartemen studio yang kecil mengharuskan Anda untuk menjadi lebih kreatif dalam menata desain interior. Nah, sebagai saran, hindari memasukkan terlalu banyak perabotan karena hal ini akan membuat ruangan semakin sempit.

Lebih Praktis dan Ringkas

Apartemen tipe studio merupakan solusi tepat untuk Anda yang ingin hidup sendiri dengan praktis dan ringkas. Selain itu, ketersediaan berbagai fasilitas yang disediakan developer mulai dari pusat perbelanjaan, food court, kolam renang, jogging track dan lainnya akan memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan Apartemen Studio

Terbatasnya Ruang Gerak

Apartemen studio hanya berukuran tak lebih dari 30 meter persegi. Hal ini menyebabkan ruang gerak menjadi terbatas dan Anda tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa orang lain lakukan di rumah tapak, misalnya yoga. Alhasil, Anda pun harus melakukannya di tempat lain, seperti tempat pelatihan yoga atau sport center.

Tak Bisa Membawa Banyak Teman


Luas ruangan yang terlalu minim membuat Anda tidak bisa membawa banyak teman untuk berkunjung. Mungkin Anda hanya bisa membawa 1-2 orang teman saja agar ruangan tidak terlalu pengap dan tetap mendapat ruang gerak yang cukup.

Komentar

Postingan Populer